3 Fakta Piala Emas 2019, Turnamen di Benua Amerika

Pembahasan bola dan piala emas akan selalu menarik perhatian dan menjadi sorotan kebanyakan kalangan. Untuk kejuaraan piala dunia tahun ini resmi dimulai pada 15 Juni kemarin, biasa dikenal juga dengan Gold Cup 2019. Penyelenggaraan piala emas ini akan berlangsung hingga 7 Juli mendatang dan pasti akan mengisi waktu terbaik untuk dunia bola.

Seperti yang kita ketahui bahwa piala emas merupakan kejuaraan sepak bola antarnegara yang biasanya hanya diadakan di Benua Amerika. Selain Copa America, meski hanya di satu benua saja, Amerika saat ini sudah terbelah menjadi dua konfederasi. Yaitu Conmebol untuk beberapa wilayah di Amerika Selatan dan CONCACAF untuk wilayah Amerika Utara, Karibia, dan Amerika Tengah. Untuk wilayah Copa Amerika merupakan turnamen yang dihelat oleh Conmebol.

Kebalikan dari itu, di sisi lain Piala Emas merupakan turnamen yang dihelat oleh CONCACAF. Meski berita bola internasional, ada banyak sekali penonton yang menunggu berita olahraga ini. Apalagi untuk tahun ini diketahui akan ada banyak kejutan dan hal luar biasa yang ikut dirayakan di kejuaraan piala emas. Untuk menambah bumbu berita bola piala emas, akan dirangkum lima fakta terkait penyelenggaraan piala emas 2019.

Ini Dia Fakta Penyelenggaraan Piala Emas 2019

Di setiap penyelenggaraan piala emas tahun berbeda, ada banyak perbaharuan hal baru yang tidak diduga terjadi. Hal ini biasanya akan menarik perhatian para penonton dan pastinya berhasil membuat berita heboh. Namun, selain dari itu ternyata ada berita yang tidak kalah seru mengenai fakta terkait penyelenggaraan piala emas 2019 ini.

  1. Edisi ke-15 piala emas 2019 sah menjadi turnamen edisi ke-15

Cukup berbeda dengan piala dunia, piala asia, dan piala eropa sebelumnya, piala emas ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Pada tahun 2017, piala emas dibawa pulang oleh timnas Amerika Serikat.

  • Play-off untuk wakil ke piala konferensi

Akan ada tim yang akan bertanding melawan Amerika Serikat nantinya dalam pertandingan play-off. Hal ini diadakan untuk memilih mana negara yang memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam piala konfederasi 2021. Tetapi, jika memang nantinya timnas Amerika Serikat berhasil memenangkan piala emas 2019, mereka akan lolos ke piala konfederasi secara otomatis. Mereka juga akan sah menjadi juara 2017 dan 2019.

Berbeda dengan penyelenggaran piala lain, piala konfederasi itu diadakan setiap empat tahun sekali. Diadakan biasanya menjelang akan segera diselenggarakannya piala dunia. Untuk piala konfederasi 2017, CONCACAF diwakili oleh Meksiko, yang memenangkan juara piala emas 2015.

  • Tuan rumah Amerika Serika Plus 2 negara tambahan

Piala emas 2019 akan dihelat di 17 stadion yang nantinya berlokasi di hampir 16 kota. Untuk empat belas kota akan berada di wilayah AS, dan dua lainnya akan mengambil tempat di San Jose (Kosta Rika) dan Kingston (Jamaika). Ketiga wilayah yang menjadi fokus penyelenggaraan piala emas ini ternyata tidak bisa dikategorikan sebagai tuan rumah bersama. Alasannya ialah karena setiap kota itu masing-masing akan menghelat dua pertandingan saja.

Selebihnya, pertandingan piala emas 2019 akan dihelat di wilayah Amerika Serikat lainnya.

Itulah beberapa fakta menarik mengenai piala emas 2019 yang pastinya akan sangat seru untuk ditonton melalui 1xbet dan diikuti perkembangannya.

Berapa Tim yang Berpartisipasi Pada Piala Emas 2019?

Menurut data yang sudah ditemukan dari sumber yang akurat, bahwa akan ada 16 tim yang berpartisipasi pada piala emas ini. Angka ini ternyata meningkat dari yang periode sebelumnya hanya ada 12 tim saja yang bergabung. Ke-16 tim nantinya akan dibagi rata menjadi 4 grup dengan masing-masing tim berarti memiliki empat tim. Untuk pemenang runner dari masing-masing grup nantinya akan maju ke perempatan final secara otomatis. Maka, hal ini sebenarnya juga ada unsur keberuntungan apabila tim suatu negara itu berada di grup yang lawannya dianggap tidak sulit.

Untuk lokasi piala emas 2019 ini akan diadakan di stadion field di Chicago, lokasi yang merupakan kandang rugbi, Chicago Beras. Tidak ada yang harus dikhawatirkan dari stadion ini karena bisa menampung lebih dari 61.500 tempat duduk. Selain itu, stadion Soldier Field ini juga sebelumnya memiliki fungsi sebagai tempat penyelenggaraan pertandingan klub Chicago Cardinals. Seperti yang kita tau bahwa tim ini merupakan tim sepak bola Universitas Notra Dame, klub MLS Chicago Fire. Untuk yang berencana menghadiri pertandingan secara langsung, bisa pastikan tiket dan juga keberangkatan. Karena, ada beberapa pertandingan yang biasanya tiket akan langsung sold out bahkan beberapa waktu sebelum pertandingan dimulai. Hal ini kembali lagi kepada antusias para penonton yang nantinya akan menghadiri pertandingan atau tidak. Pastikan juga memilih seat yang sesuai dengan keinginan, apalagi untuk yang ingin merasakan sensasi pertandingan dengan pandangan yang lebih dekat.